SEJARAH GBI RAHMAT EMMANUEL MINISTRIES

Pada tanggal 15 Maret 1992, GBI Rahmat Emmanuel Ministries (GBI REM) diresmikan oleh Sinode Pusat Gereja Bethel Indonesia menjadi wadah pelayanan gereja Tuhan yang berpusat di Jakarta. Ps. Abraham meresponi pertobatan dan panggilan sepenuh waktu dengan sungguh-sungguh sampai hari ini.

Sebagai hamba Tuhan, Ps. Abraham juga dikenal sebagai pribadi yang kerap membuat “terobosan baru” bagi pelayanan gereja Tuhan khususnya di Ibukota Jakarta. Betapa tidak, pelayanannya dimulai dari sebuah tempat yang sangat sederhana, yaitu di Jalan Tanah Abang II, dan dihadiri beberapa jemaat, tetapi berkat keteguhan hati dan kesetiaan dalam panggilan Tuhan dalam melayani—mendorong Ps.Abraham senantiasa hidup dalam iman, pengharapan dan kasih. Tak pelak, setelah GBI penggembalaan Ps. Abraham resmi berdiri, ia terus melakukan terobosan dan mempelopori dan membuka tempat-tempat ibadah baru di hotel dan ruko yang ada di daerah strategis kota Jakarta.

Cikal bakalnya pelayanan Ps. Abraham Conrad Supit dimulai dengan kebaktian Minggu menggunakan fasilitas ruangan sebuah gedung milik PT. Pelayaran Kalimantan di Jalan Tanah Abang II, Cideng, Jakarta Pusat. Waktu itu gedung yang dipakai pelayanan ibadah Minggu tidak sewa alias gratis selama 2 tahun pelayanan. Setelah itu untuk memperluas pelayanan, kemudian pindah ke Hotel Indonesia dan beberapa hotel di Jakarta, seperti Ciputra, Hilton, Ruko di Jl.Raden Saleh dan masih banyak lagi. Awalnya pendeta yang mendampingi Pak Supit adalah Pak Romeo Sahertian dan Pak Pengky Andu.

Seiring bergulirnya waktu, pelayanan Ps. Abraham Conrad Supit bukan hanya terbatas pada ibadah gereja saja, melainkan juga membuka Institut Kepemimpinan REM (ITKR) atau kini berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emanuel (STT REM) sejak tahun 1998 sampai sekarang. Dalam bidang media cetak, Ps. Abraham Conrad Supit juga sempat mendirikan Majalah Berita Independen bernama ‘Majalah REM’ (1997), Majalah Anak-anak bernama ‘HAYO’ (1998), dan Majalah VIFA (1999). Tetapi ketiga majalah itu tidak bertahan dan digantikan dengan sebuah tabloid mingguan bernama “VICTORIOUS” (1998) yang sampai sekarang terus setia melayani dalam pemberitaan dalam penguatan iman kekristenan, kesaksian dan wawasan kebangsaan. Selain media cetak, Ps.Abraham Conrad Supit juga rindu melayani jemaat Tuhan melalui udara dan sukses mendirikan studio radio (tahun 2010) yang awalnya bernama radio REM-SSK (kini berubah menjadi radio VIFA-SSK. Dan setelah sukses membangun gereja di Apartemen Robinson, Ps. Abraham Conrad Supit juga membangun fasilitas retreat di Gunung Salak, Bogor yang kini dipakai menjadi tempat doa puasa rutin setiap bulan.

Kesetiaannya dalam ladang pelayanan, Gembala Sidang  GBI Victorious Family, Ps. Abraham Conrad Supit, banyak  mengalami mujizat Tuhan dalam hidupnya. Pengalaman-pengalaman rohani dan kehidupan pelayanan itulah kemudian mendorong dirinya untuk menuliskan dalam  beberapa buku, diantaranya adalah: Menjadi Manusia Baru di Tengah Zaman Yang Gelisah, Buah Pikiran Kristus, Taktik Hidup Berkemenangan, Kekristenan Dalam Tantangan Zaman, Mekar di Masa Sukar dan lain-lain.

Sekarang ini Pelayanan dari GBI Rahmat Emmanuel Ministries berkembang dan mulai tahun 2017 sudah membuka 8 Cabang Pelayanan Gereja Tuhan yaitu :

Apartemen Robinson, Hotel Ciputra, Kelapa Gading, Gedung Tan Ek Tjoan Bogor, Hotel Orhardz, Ruko Mahkota Mas, Gedung Kasih Bersaudara Raden Saleh, Daan Mogot.

Beberapa Pelayanan yang dilakukan oleh GBI REM tidak hanya kedalam jemaat Gereja, tetapi juga melayani keluar gereja dengan membantu pelayanan di gereja-gereja dibawah naungan sinode Gereja Bethel Indonesia. Bantuan berupa pemancar radio, kendaraan motor untuk pelayanan bahkan saat ini Gereja GBI REM membantu dengan memberikan bantuan mobil operasional kepada BPD ( Badan Pekerja Daerah) dibawah naungan sinode GBI yang berada diseluruh Indonesia untuk membantu pelayanan dan menjangkau jiwa-jiwa di seluruh Indonesia.

Keluarga dari Ps. Abraham Conrad Supit juga banyak yang dipakai Tuhan dan terpanggil menjadi Hamba Tuhan yang Luar Biasa. Hal tersebut bisa dilihat dari Istri dan anak-anak dari Ps. Abraham yang terpanggil untuk melayani: Ps. Levina Supit (Wakil Gembala Sidang I GBI VIFA), Ps. Monique Martin Supit (Wakil Gembala Sidang II GBI VIFA), , Ps. Edward Supit (Gembala Sidang GBI Jakarta Church), Ps. Paulus Supit (Gembala GBI REM Hotel Ciputra Lt. Dasar), Ps. Ariasa H. Supit (Ketua STT REM), Ps. Joshua Supit (Gembala Sidang GBI Forward Living Church) . Sesuai dengan semboyan gereja GBI REM, Keluarga yang berkemenangan (Victorious Family). Biarlah Gereja Tuhan juga menjadi gereja yang berkemenangan dan Nama Tuhan Dipermuliakan sampai selama-lamanya. Tuhan Yesus Memberkati.

  • Facebook - White Circle
  • https://www.instagram.com/gbivifa_m/